Tuesday 11 June 2019

Mana yang Menarik Listrik Pascabayar Atau Prabayar





Dahulu meteran listrik menganut sistem membayar bulanan. Dan bagi para pelanggan tentunya harus sudah tahu tanggal berapa tagihan listrik itu harus dibayarkan. Jika tidak akan ada denda bahkan sampai pemutusan sementara.

Seiring teknologi semakin berkembang sistem pada meteran listrik ada dua jenis diantaranya pascabayar dan prabayar atau lebih dikenal dengan listrik token atau pulsa.

Namun banyak orang yang masih meragukan dengan meteran listrik sistem prabayar atau pulsa dengan alasan kalau lupa mengisi takut mati mendadak terlebih kalau malam hari. Meski ada juga sebagian orang yang menyukai sistem meteran listrik prabayar atau pulsa.

















Naah dari pada anda bingung kali ini saya akan mengulas tentang kelebihan dan kekurangan memakai meteran listrik pascabayar dan prabayar berikut dibawah ini.







1. METERAN LISTRIK PASCABAYAR


TENTANG LISTRIK PASCABAYAR

Listrik pascabayar merupakan penggunaan listrik lama. Di mana pengguna dianjurkan membayar tagihan listrik setiap bulannya. Maksudnya, pengguna bisa menikmati fasilitas listrik terlebih dahulu, baru kemudian setiap satu bulan sekali akan muncul tagihan. Tagihan listrik tersebut dihitung berdasarkan penggunaan KWH listrik yang ada di meteran.

KELEBIHAN LISTRIK PASCABAYAR

Kelebihan listrik pascabayar sendiri, Anda bisa menikmati fasilitas listrik terlebih dahulu. Sedangkan, untuk pembayarannya bisa di akhir bulan. Selain itu, listrik pascabayar lebih aman. Pasalnya, petugas PLN akan melakukan pengecekan rutin setiap bulannya. Bisa dikatakan semua pengecekan dan pengontrolan listrik dilakukan oleh pihak PLN sendiri.

Selain itu, selama menggunakannya Anda akan lebih tenang. Berbeda dengan token listrik yang sewaktu – waktu mati karena pulsa habis. Listrik pascabayar tidak akan pernah mati, terkecuali ada pemadaman dan Anda menunggak pembayaran hingga 3 bulan.

KEKURANGAN LISTRIK PASCABAYAR

Namun begitu, listrik pascabayar juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah penunggakan pembayar hingga 3 bulan atau lebih, pihak PLN berhak memutus aliran listrik ke rumah Anda. bukan hanya itu saja, jika ada keterlambatan maka akan ada denda dalam tagihan Anda. saat pembayaran dilakukan biasanya akan ada biaya admin. Selain itu, biaya admin juga dibebankan pada Anda, walaupun listrik tidak pernah digunakan atau peralatan elektronik tidak digunakan. Hal ini akan sangat merugikan bagi Anda yang meninggalkan rumah terlalu lama.

Selain itu, Anda juga tidak leluasa untuk melakukan pengecekan dan pengontrolan. Berbeda dengan listrik prabayar yang bisa melakukan pengontrolan hanya dengan melihat sisa KWH yang digunakan. Hal yang membuat penggunaan listrik pascabayar membuat Anda cenderung bersifat boros. Bukan hanya itu saja, penggunaan listrik pascabayar akan sulit membuat kondisi keuangan Anda stabil. pasalnya, setiap bulan tagihan listrik pasti berbeda–beda. terlebih jika ada kenaikan listrik sewaktu – waktu. dengan begitu, Anda harus membandingkan sendiri penggunaan listrik bulanan Anda. Itulah perbedaan antara token listrik dan listrik pascabayar. Tentunya, Anda bisa mengira – ngira, mana menurut Anda yang lebih unggul.












2. METERAN LISTRIK PRABAYAR


TENTANG LISTRIK PRABAYAR ( LISTRIK PULSA )

Token listrik lebih dikenal dengan listrik pintar atau listrik prabayar. Di mana, dalam penggunaanya, Anda diharuskan untuk membayar terlebih dahulu. Bisa dikatakan Anda harus membeli token PLN sebelum bisa menggunakan fasilitas listrik. Pasokan listrik yang digunakan berasal dari sejumlah nominal pulsa yang Anda isikan. Maka dari itu, sangat penggunaannya harus benar–benar terkontrol agar tidak kehabisan pulsa listrik dan listrik menjadi padam.

KELEBIHAN LISTRIK PRABAYAR ( LISTRIK PULSA )

Banyak yang bilang, menggunakan token listrik atau listrik prabayar lebih hemat dan irit. Sebab, menggunakan token listrik membuat konsumen bisa mengontrol pemakaian listrik. Bisa dikatakan listrik prabayar membuat Anda lebih hemat listrik. Bukan hanya itu saja, Anda juga tidak perlu membayar denda saat ada keterlambatan membayar.

Selain itu, tidak ada tambahan biaya admin juga. Pasalnya memang menggunakan listrik, jadi tidak ada sistem denda atau biaya admin. Penggunaan token listrik sangat membantu Anda, terlebih bagi Anda yang tidak percaya dengan pencatatan listrik. Dalam pengisiannya pun juga mudah dilakukan. sudah banyak konter yang menjualnya. Salah satunya beli token listrik di Traveloka yang mudah dan aman.

KEKURANGAN LISTRIK PRABAYAR ( LISTRIK PULSA )

Saat tiba–tiba kuota listrik akan habis, maka sistem akan mengeluarkan bunyi nyaring. Dikarenakan sistem token listrik sama seperti beli pulsa, Anda sendiri yang harus melakukan pengecekan dan pengisian kembali. Hal ini yang sering terjadi masalah. Beberapa masyarakat mengeluh akan token yang masukan tidak bisa mengisi daya. Padahal, baik nomor meter atau token sudah benar.

Naah sekarang anda sudah tahu kan kelebihan serta kekurangannya memakai meteran listrik pascabayar dan prabayar. Mana menurut anda yang paling baik.





















Sumber : Beritabali.com



~ SEMOGA ~ BERMANFAAT ~























Labels:

3 Comments:

At 12 August 2019 at 04:38 , Blogger nuhid santai said...

Kalau menurut pilihan saya, meteran pulsa lebih praktis mudah dikontrol.

 
At 2 October 2019 at 21:15 , Blogger PROMOSIIDOLA said...

Terima kasih untuk informasinya :)


Ohiyaa jangan lupa kunjungi website kami di www.tasidola.com / kunjungi instagram kami @tasidola , kami menerima berbagai macam pesanan tas diklat,seminar,promosi dan lain lain ...

 
At 24 March 2020 at 04:04 , Blogger Marsya said...

mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Testing