Monday 12 February 2018

CERPEN : Kupu-kupu Malam & Belatung

Cerita ini hanya fiktip & bualan belaka









Hening pagi dinihari disebuah kawasan kumuh disebuah gubug berbahan kayu dan triplek, Telah bersantai seorang wanita setelah melepas lelah dari aktivitas semalaman yang begitu hina. Sambil sesekali wanita itu tampak membelai-belai sang buah hatinya yang sedang asiikk! terlelap tidur. Selang beberapa menit wanita itu pun ikut terlelap mengarungi dunia mimpi.


Belatung itu seperti ulat ya, Bu? Ya seperti ulat. Apakah ia juga bisa berubah jadi kupu-kupu? Tidak, belatung tak bisa berubah jadi kupu-kupu. Kenapa tidak bisa, Ibu? Entahlah, Ibu tak tahu. Kasihan ya, Bu? Aku ingin melihat ia jadi kupu-kupu. Tetapi kita tidak bisa. Tapi aku ingin.


Tidak bisa. Aku ingin.


“Tidak bisa…,” dan Vina melihat ratusan belatung, ribuan belatung, merayap melata ke arah mereka. Melata? Tidak, makhluk kecil basah menjijikkan itu lebih tampak seperti melayang (atau terbang?) dalam satu barisan teratur mirip selendang. Saat selendang itu bergerak sentak bagai dikibaskan, belatung-belatung itu berhamburan bersama percikan lendir. Dan Vina gelagapan. Tangannya sibuk membersihkan lendir, mungkin juga belatung, yang menempel di wajah dan tubuhnya.


Aku ingin.


“Tidak!” dan Vina tersentak. Sadar. Dibukanya mata, nanar. Tak ada belatung. Tak ada percikan lendir. Ditolehkannya kepala ke samping dan menemukan tubuh kecil itu, Kirana, anaknya, bergelung nyenyak dengan satu tangan menyelusup ke ketiak. Vina mengembuskan napas, lega. Tetapi, kalimat Kirana itu, aku ingin, aku ingin, bagai masih menggema….


“Kupu-kupu itu indah ya, Bu?”


“Ya, indah.”


“Maukah Ibu menangkapkannya untukku?”


“Tidak. Tidak boleh.”


“Kenapa tidak boleh, Ibu?”


“Kau lihatlah tubuhnya, sayapnya. Tipis dan rapuh. Ia bisa mati di tangan kita.”


Kirana terdiam. Sejenak. Mata bocah perempuan lima tahunan itu mengerjap- ngerjap bagai berusaha memahami kalimat Vina ibunya. “Kenapa di tempat kita sangat banyak, Bu?”


“Apa yang sangat banyak?”


“Kupu-kupu.”


Vina-lah yang kemudian balas terdiam. Memang mengherankan. Kenapa di tempat seperti ini, di tempat yang sama sekali tak indah, di perumahan kumuh yang bagai terperosok ke rawa-rawa, bisa dilalulalangi begitu banyak kupu-kupu? Ataukah justru karena adanya rawa-rawa itu? Entah, Vina tak pernah memikirkannya. Atau lebih tepat Vina tak sempat memikirkannya. Hal itu terlalu
sepele. Terlalu sepele bagi hidupnya yang…....


“Padahal, ulat jelek ya Bu?”.....Seru Kirana.


“Apa?”


“Ulat. Jelek. Kenapa bisa berubah jadi kupu-kupu yang indah?”


“Eh,” Vina tertegun, “siapa yang memberitahumu?”


“Memberitahu apa, Bu?”....Kirana bingung.


“Kupu-kupu, dari ulat.”


“Bukankah Ibu?”


“Oh…,”...Begitulah, Vina sering lupa. Ya, begitulah aku selalu lupa. Kenapa aku bisa melupakan banyak hal tentang dirimu, anakku? Sungguh tak ada niatku untuk begitu. Semua semata karena jejalan persoalan di kepalaku. Ohh!!... Kalau saja kau mengerti. Kalau saja kau tahu. Apa yang terbayang olehmu, apa yang akan terjadi pada dirimu, kalau kau tahu beberapa waktu lagi kita mungkin bakal tak punya tempat tinggal?


Kau lihatlah truk-truk sampah itu. Truk-truk sampah yang telah beberapa minggu ini tak henti datang membuang sampah ke rawa-rawa. Tahukah kau sampah itu sampah seluruh pelosok kota? Beratus-ratus ton, beribu-ribu ton setiap hari. Lihatlah, sampah itu menggunung, dan gunungan itu akan menjalar sampai ke mari. Tetapi konon kita takkan sempat melihat gunungan sampah itu menimbun rumah kita. Karena kata orang, saat itu, rumah kita telah digusur.


Kau memang takkan mengerti. Dan memang tak perlu tahu. Bahkan, apa yang kau dapatkan dariku.....Malam-malam sunyimu, malam-malam saat kau kutinggalkan) adalah perlakuan tak pantas dari seorang ibu. Bermainlah, anakku. Bermainlah saja. Dan kupu-kupu… mungkin kupu-kupu itu memang diutus tangan-tangan suci menemanimu. Tetapi ah, truk-truk itu, sampah-sampah itu telah membawa air lindi, larva lalat hijau, dan belatung-belatung ke rumah kita. Dan semua makhluk menjijikkan itu telah mengusir makhluk indahmu: kupu-kupu.


Maafkan aku yang tak segera menyadari itu. Maafkan aku yang lebih peduli pada air lindi yang menggenangi dapur, pada belatung-belatung yang merayapi lantai dan dinding, dibanding wajah sedihmu kehilangan kupu-kupu. Dan betapa, betapa aku baru terkejut ketika suatu hari, kemudian, bibirmu yang mungil menanyakan itu, Belatung itu seperti ulat ya, Bu? Apakah ia juga bisa berubah jadi kupu-kupu? Betapa aku….


Kenapa ya? Kenapa belatung tak bisa berubah jadi kupu-kupu? Huh! Coba kalau bisa. Tentu kupu-kupu yang kata Ibu telah pindah ke tempat jauh itu kembali ada. Huh, inginnya aku.


Bukankah belatung itu seperti ulat? Kalau betul kata Ibu kupu-kupu dari ulat, tentu belatung juga bisa berubah jadi kupu-kupu. Ataukah Ibu bohong? Ataukah Ibu tak tahu?


Mungkin sebenarnya Ibu tak tahu.....Pikir Kirana.


Bukankah Ibu pernah berkata. Banyak hal yang kita tak tahu. Ataukah mungkin Ibu lupa? Huh, Ibu memang pelupa. Bahkan, Ibu sering lupa pada apa yang dikatakan kepadaku. Kenapa ya? Apakah karena sudah tua? Ibu pernah berkata orang akan pelupa kalau tambah tua. Tapi Ibu belum tua. Tapi kadang Ibu memang tampak tua, kalau siang. Kalau senja, kalau Ibu sudah tukar pakaian, pakai lip dan bedak mau pergi kerja, Ibu tampak muda. Cantik. Bahkan, Oya pernah bilang padaku Ibu kupu-kupu. Bukankah itu karena Oya melihat Ibu indah? Tapi Oya memang baik, tidak seperti orang-orang tua dan ibu-ibu lain yang sering kasar kepadaku. Aku benci, aku tak suka pada mereka. Bagaimana kalau tak ada Oya ya?


“Oya di sebelah. Teriak kalau ada apa-apa,”...Begitu selalu kata Ibu sebelum berangkat kerja.


“Kau takut?”


Aku menggeleng. “Tidak.” Aku tak takut, ada Oya. Ya, ada Oya, Vina menguatkan hati dan jiwa Kirana...Menutup pintu. Dipasangnya gembok, memastikan telah terkunci, lalu melangkah ke sebelah. Di rumah serupa-mirip gubuk juga-yang dibatasi hanya selapis tripleks, di situlah Oya, perempuan tua 70-an tahun, dengan kompor gorengan kadang pisang, kadang ketela, ada saja bagai terjulur dari jendela yang lebar dan rendah.


“Titip ya Oya?” kata Vina menyerahkan anak kunci. Seperti biasa, titipan anak kunci itu juga berarti “menitipkan” Kirana bersamanya.


Tanpa menoleh, seperti biasa pula, Vina melangkah jinjit di gang yang kini air lindi itu! selalu becek. Di mulut gang ia masih harus jalan kaki kira-kira empat ratus meter ke simpang jalan aspal tempat ia biasa naik ojek. Ia menepi, dan lebih menepi ketika iring-iringan truk itu lewat, memenuhi nyaris seluruh badan jalan yang sempit. Ia berdesah, iring-iringan truk sampah ini muncul hampir tiap sepuluh menit….


Malam berlalu, Pagi pun menjelma....Hingga siang hampir menyapa Vina turun dari ojek bagai melompat, membayar cepat-cepat, lalu melangkah tergopoh-gopoh ke pintu rumah. Sial!....Seharusnya kuturuti nasihat Asih, jangan sekali-kali melayani mahasiswa. Mereka suka aneh-aneh, tak ada uang, dan banyak maunya. Beginilah jadinya. Vina disekap semalaman dan baru dilepas ketika pagi. Padahal, biasanya, ia sudah pulang pukul tiga dini hari dan masih bisa tidur di sebelah Kirana. Bagaimanakah reaksi Kirana, ketika bangun, mendapatkanku tidak ada disampingnya.


Tetapi semua tenang-tenang saja. Bagai tak ada apa-apa. Apakah Kirana belum bangun? Berkali-kali kunci cadangan Warni gagal membuka gembok karena terburu-buru. Ketika gembok berhasil lepas dan daun pintu ia dorong, Vina terkejut, terlompat surut. Kupu-kupu? Ya, kupu-kupu! Putih, kecil-kecil, belasan Oohh, bukan, puluhan!, keluar bagai menghambur dari dalam rumah gubugnya....


Ada beberapa detik Vina terpana. Ketika perlahan kakinya ia langkahkan masuk, Vina lebih terkejut lagi. Kupu-kupu itu bukan puluhan, tetapi ratusan, Atau mungkin ribuan!, Memenuhi ruangan! “Kirana…?” Buru-buru Vina melangkah ke bilik. Tetapi, di pintu bilik, ia kembali tertegun.


Di situ, di lantai di pintu bilik itu, walau pandangannya terhalang oleh silang-selimpat kelebat kupu-kupu, Vina melihat ratusan, atau mungkin juga ribuan! belatung bagai berbaris melata ke dalam bilik. Dan, di dalam bilik, barisan belatung itu… satu demi satu, langsung, tidak dari kepompong, berubah jadi kupu-kupu Putih!..


“Betul kan, Bu? Lihatlah belatung bisa berubah jadi kupu-kupu.”


Suara Kirana itu…. Dengan kaki jinjit menguak belatung, dengan tangan menepis mengibas kupu-kupu, Vina melangkah mendekati tempat tidur. Dan, di situ, di atas tempat tidur, dalam keremangan bilik yang jendelanya masih tertutup, Vina melihat anaknya, Kirana, tersenyum, menatapnya dengan kedua bola mata merah, mencorong, menyala… bagai mata iblis dan tak lama ambruk disebelah tubuh Oya, Wanita 70 tahun itu telah lebih dulu tiada..?? Entah apa penyebabnya dan siapa pelakunya?


Vina menjerit histeris namun semuanya telah terjadi hanya derai air mata yang menemaninya. Dan inilah akhir dari hidupnya untuk merubah diri menjadi suci abadi.










Bonus dari cerita diatas silahkan downloads mp3 gratis dibawah ini...😂😂😱 Haaahaa!! PA. 😂😂😂







Title : Kupu Kupu Malam

Contributing Artist : Peterpan

Album : Sebuah Nama Sebuah Cerita

Year : 2008

Genre : Pop, Music, Indo Pop

Size : 4.005.896 bita ( 2MB pada disk)

Duration : 03.43

Type of file : Audio MP3 (.mp3)

Audio Summary : mp3, 44100 Hz, stereo, s16p, 128 kb/s

~ DOWNLOAD~ petervkp2malam.mp3

Labels:

59 Comments:

At 12 February 2018 at 14:35 , Blogger Unknown said...

Merinding saat membaca kalimat "mungkin kupu-kupu itu memang diutus tangan-tangan suci menemanimu".

 
At 12 February 2018 at 14:36 , Blogger Saleho said...

lagunya ini yang renyah dan enak mas

 
At 12 February 2018 at 15:19 , Blogger No wae said...

Hmm... Apa ya?

Oya, benarkah belatung menjadi kupu2?

Ini hidup wanita si kupu2 malam...

 
At 12 February 2018 at 17:08 , Blogger Satria Mwb said...

Waahh!! Berarti ada hantunya dong mbak ima...Naahhlool!! 😱😱

 
At 12 February 2018 at 17:10 , Blogger Satria Mwb said...

Waahhh!! Kaya ayam Friedchiken doong renyah..😂😂😂

 
At 12 February 2018 at 17:11 , Blogger Satria Mwb said...

Bukan kecebong mas Noz...

Nyanyi mas...Haaahaaaa!!! PA 😂😂😂

 
At 12 February 2018 at 20:24 , Blogger Ella Fitria said...

Sungguh dapet bgt nih cerpen.. Aku terbawa suasana bgt, alurnya keren ih.. Bikin cerpen lagi dongggg bikinnn

 
At 12 February 2018 at 21:09 , Blogger Satria Mwb said...

Aahhh!! Massa sih mbak Ella jadi Malu aku..
😱😱😄😄😄

 
At 12 February 2018 at 22:44 , Blogger No wae said...

Idih... Malu malu kucing hihihi...

Malu malu mau itu

 
At 12 February 2018 at 22:50 , Blogger No wae said...

Hihi... Ngetes suara

Itu kupunya terbang2 di layar, mau keluar gk bisa... Gk kasian apa? Kejammm...

 
At 13 February 2018 at 00:36 , Blogger Hermansyah said...

Ada sepasang tuh kupu kupunya tapi terbang disitu situ aja..jadi kasian.. 😂

 
At 13 February 2018 at 01:33 , Blogger Satria Mwb said...

Haaahaaa!!!...Kan kupu2 peliharaan..😂😂😂

 
At 13 February 2018 at 01:34 , Blogger Satria Mwb said...

Haahaaa!! Bukab meong2 kucing garong..😂😂

 
At 13 February 2018 at 01:37 , Blogger Satria Mwb said...

Warnanya kuning & putih... Itu sengaja dipelihara mas Her!! Haaahaa! PA. 😂😂😂

 
At 13 February 2018 at 02:39 , Blogger Nia Tanaya said...

Ajarin bikin cerpen ginian lah mas sat, saya fokus di kupu2nya gerak2 di layar pingin nangkap bole ga? Hihi

 
At 13 February 2018 at 02:54 , Blogger Maya said...



belatung yang menjijikkan saat malam menjadi kupu-kupu yang cantik

dan mungkinkah kupu-kupu yang cantik akan kembali menjadi belatung

tragis kehidupan malam

 
At 13 February 2018 at 03:16 , Blogger Anisayu Nastutik said...

Belatung memang tampak jijik
Jika telah jadi kupu-kupu terlihat cantik
Membuat mata tertarik

:)

Cerpen bagus
Walau fiktif tapi membawa serius

 
At 13 February 2018 at 04:06 , Blogger Satria Mwb said...

Kupu2 kembali menjadi ulat, mungkinkah blatung...😱😳

Sepertinya tak mungkin mbak mhay...Kalau rapuh mungkin & hilang ditelan zaman oleh para pengganti..😄😄

 
At 13 February 2018 at 04:09 , Blogger Satria Mwb said...

😱😱😳😳 Emang kamu hobi cerpen...Nggak enak kali nulis cerpen kalau ide lagi mentok...😂

Boleh tangkap silahkan...& akan muncul ribuan kupu2 putih kembali ..😂😂😂

 
At 13 February 2018 at 04:15 , Blogger Satria Mwb said...

Membuat mata tertarik, Lalu melirik hingga menjadi suatu intrik...😂😂😂😂

Aahh!! Massa sih..? 😱😳😳

 
At 13 February 2018 at 04:43 , Blogger Saleho said...

belatung ini binatang yang jelek. tapi jika menjadi kupu-kupu, alangkah cantiknya.
Makanya jangan menghina yang jelek terlebih dahulu, nantinya dia bakal menjadi cantik nian

 
At 13 February 2018 at 05:56 , Blogger Satria Mwb said...

Betul banget mas .... Sesuatu yang jelek... Tidak selalu akan selamanya jelek... Mantap 😄😄

 
At 13 February 2018 at 07:47 , Blogger Toyota Surabaya said...

wah.. saya suka lagu ini pas dibawaan peterpan dulu...

 
At 13 February 2018 at 07:52 , Blogger Nugraha Fauzi said...

kata-kata tersebut daleeemmmmm bangeeet mas....hehe
Diksinya pas sehingga makna nya ngena banget...
Jadi inget sama lagunya, dulu ketika kongkow2 sering nih jadi bahan nyanyian...

 
At 13 February 2018 at 11:43 , Anonymous Anonymous said...

dah cocok nih mas buat bikin sebuah buku kumpulan cerpennya wkwkw, sayang kan

 
At 13 February 2018 at 16:32 , Blogger Satria Mwb said...

Betul itu....Asal jangan suka film.ariel & cut tari aja yaa!! Nggak boleh itu...😂😂😂😂

 
At 13 February 2018 at 16:42 , Blogger Satria Mwb said...

Betul itu cuma bisa ngeblenk otak gw kalau ngurisin cerpen jadi satu buku tebal..😱😱😱😱

Haahaaa!! 😂😂😂

 
At 13 February 2018 at 17:26 , Blogger Satria Mwb said...

Betul banget sob..menginspirasikan sebuah kehidupan yang penuh konflik..😄

 
At 13 February 2018 at 17:30 , Blogger Agus Warteg said...

Kasihan Kirana dan Vina, mungkin udah nasib orang pinggiran selalu susah dan teraniaya, di pinggir gunungan sampah. Teganya kang satria ninggalin Vina dan Kirana, hiks...😂😂😂

 
At 13 February 2018 at 17:42 , Blogger Satria Mwb said...

Betul Kang!! ..😱😱😳😳

Berarti siSatria pengen cari yang baru lagi yaa!! 😂😂 😱

 
At 13 February 2018 at 18:39 , Blogger My Satnite said...

Lagunya mengiringi cerita, terbawa suasana
membayangkan suasana tempat vina dan kirana..

 
At 13 February 2018 at 20:09 , Blogger Satria Mwb said...

Betul banget sob...kan Temanya kepedihan dalam hidup...😄😄😄

 
At 14 February 2018 at 01:29 , Blogger Alfan Ismail said...

mantap mas , belatung bisa jadi kupu2 ya...

 
At 14 February 2018 at 04:54 , Blogger Monica Rampo said...

wah keren mas bisa buat cerita begini, saya pernah coba nulis tapi mentok.. ga bisa lanjut lagi.. memang ga berbakat..

 
At 14 February 2018 at 06:25 , Blogger Dian Restu Agustina said...

ini dibaca malam-malam sampe bikin mewek..apalagi yang baca emak-emak yang sudah punya anak huaa!
Diksinya keren , suka juga dengan alurnya..top pokoknya!

 
At 15 February 2018 at 18:35 , Blogger Vanisa Desfriani said...

yaampun ..

 
At 15 February 2018 at 23:23 , Blogger Satria Mwb said...

Iyee! Ok

 
At 15 February 2018 at 23:24 , Blogger Satria Mwb said...

aahh! Bisa aja mbak monik..😄😄

 
At 15 February 2018 at 23:25 , Blogger Satria Mwb said...

Haahaaa!! Yuuk!! Dah kita mewek bareng...😂😂😂

 
At 15 February 2018 at 23:26 , Blogger Satria Mwb said...

kenapa Van ...

 
At 16 February 2018 at 03:06 , Blogger Toyota Surabaya said...

ihh.. apaan.. saya mah g suka film gituan bang..

saya sukax film yg ariel sama luna maya..
lebih berasa karakternya.

 
At 16 February 2018 at 03:30 , Blogger Satria Mwb said...

Buuuhaaa!!!...😂😂😂

Mesti berobat nih.. Kedokter Boyke spesialist Ranjang..😂😂😂

 
At 16 February 2018 at 18:34 , Blogger Beny Oki Sugiarto said...

belatung kesannya jijik dan geli tapi kalau sudah jadi kupu2 maka akan berubah jadi cantik, katanya. jadi, jangan dulu mengungkapkan kata2 sebelum tahu hasil ajhirnya ya mas?

 
At 17 February 2018 at 01:37 , Anonymous Anonymous said...

Sebener nya kalau lgsg di artikan kupu kupu dan belatung itu 2 hal yg berbeda, kupu2 itu identik dengan hal yg indah, berbeda dengan belatung. Tpi kita semua tau, mungkin di balik kotor nya kehidupan (belatung) terdapat keindahan (kupu2) di akhir kisah nya.

#ngomong apa sih??

 
At 17 February 2018 at 02:51 , Blogger Satria Mwb said...

Betul mas Ben ...Intinya sesuatu yang buruk tidak selalu selamanya buruk..😄😄

 
At 17 February 2018 at 02:56 , Blogger Satria Mwb said...

Mungkin kamu sedang mengigau...😂😂😂

Betul sekali kupu2 & belatung sangat berbeda...

Belatung tidak bisa jadi kupu2...tapi bisa menyuburkan tanah..

Kupu2 terbuat dari ulat yang buruk namun bisa menjadi indah..😄😄😄

 
At 17 February 2018 at 07:43 , Blogger Muyassaroh said...

Cerpennya keren...malam-malam pula bacanya... dapat banget ceritanya..

 
At 17 February 2018 at 14:17 , Blogger Satria Mwb said...

Aahhh!! Yang benar bu sarroh!..😱😱😳

Iyaa! Betul buu!! dapet....dapet bonus mp3 lagu Ariel heeehee!!...😄😄

 
At 17 February 2018 at 23:10 , Blogger Maya said...

👍🏻🙏🏻

 
At 19 February 2018 at 19:36 , Blogger Toyota Surabaya said...

wkwk.. malah makin nambah ilmu kanuragannya klo ke dokter boyke.. :D

 
At 21 February 2018 at 22:37 , Blogger Agus Warteg said...

Iya, teganya kang satria ninggalin anak bini demi pak nana.😂😂😂

 
At 22 February 2018 at 00:45 , Blogger Satria Mwb said...

Haahaaa!!..😂😂

 
At 22 February 2018 at 01:54 , Blogger Agus rusdi said...

sangat menginspirasi bang apalgi dengan tambahan lagu peter pan di akhir postingan

 
At 22 February 2018 at 03:59 , Blogger Satria Mwb said...

Ok deh mas abdul rusdi..😄😄

 
At 22 February 2018 at 04:00 , Blogger Satria Mwb said...

Aku moohh!! Kang ...😃😃😄

 
At 27 February 2018 at 19:18 , Blogger Himawan Sant said...

Grafisnya keren deh .... sepasang kupu-kupu melayang di layar.
Jadi keingat tokoh Sam Pek Eng Tay ☺

 
At 28 February 2020 at 20:45 , Blogger Mas Agus said...

Kasihan Vina dan Kirana, mereka ditinggal di rumah gubug dekat tempat pembuangan sampah, sementara suaminya satria kawin lagi.😂😂😂

 
At 28 February 2020 at 22:18 , Blogger Jingga Satria said...


Suuueee loohh..😡😡

 
At 29 February 2020 at 11:29 , Blogger Tira Soekardi said...

menarik, salam pagi

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

Testing