Thursday, 6 January 2022

9 Nomor Yang Tidak Boleh Digunakan Pada Ajang Balap Mottogp



Nomor atau angka terkadang bisa menjadi sebuah tanda dalam hal berolahraga. Dan biasanya nomor itu ditempatkan pada kaos, atau topi dan juga pada sebuah kendaraan yang dijadikan modal untuk membalap atau dipertandingkan. Nah. Kali ini ulasan saya, adalah tentang sebuah nomor yang selalu digunakan pada ajang balap motogp kelas bergengsi. Dan tentunya nomor tersebut ditempatkan pada motor sang pembalap. Nomor tersebut biasanya menjadi ciri khas bagi pembalap itu sendiri.

Dalam ajang sebuah lomba atau balapan biasanya kita bebas menentukan nomor yang kita mau, baik nomor besar maupun kecil. Akan tetapi disebuah ajang balap mottogp sebuah nomor tidak boleh digunakan lagi meski sang pembalap tersebut sudah pensiun atau tidak pernah lagi menjadi seorang pembalap. Alasannya pun sangat beragam, namun intinya sebuah nomor pada ajang mottogp tetap harus jadi hak paten yang tidak boleh digunakan oleh pembalap lain apun yang terjadi pada pemilik nomor atau angka tersebut.

Seperti ulasan dibawah ini, ada 9 nomor yang telah menjadi hak paten atau bisa dikatakan disakralkan untuk digunakan orang lain. Nomor berapa, dan siapa pemiliknya berikut dibawah ini.



1. Jason Dupasquier





Pada gelaran GP Italia pada Mei 2021, semua penghuni paddock MotoGP berduka. Pasalnya, pembalap Moto3 Jason Dupasquier meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan pada sesi kualifikasi. Dupasquier adalah pembalap asal Swiss yang membalap untuk tim PrustelGP. Bertepatan dengan jadwal GP Jerman, balapan kandang untuk PrustelGP, Dorna dan FIM memutuskan untuk memensiunkan nomor 50 dari kompetisi Moto3.


2. Luis Salom





Kita lanjut kenomor dua. Ada nomor balap 39 yang juga menjadi nomor sakral di Moto2 yang tak bisa digunakan pembalap lain. Dorna dan FIM memutuskan nomor 39 menjadi milik mendiang Luis Salom. Luis Salom meninggal akibat kecelakaan saat sesi latihan bebas kedua di GP Catalunya 2016. Salom sendiri telah membalap di kejuaraan dunia Grand Prix sejak 2009 di kelas 125cc. Pada 2013, ia menjadi runner-up kelas Moto3. Saat naik kelas ke Moto2, Salom adalah rekan setim Maverick Vinales di tim Pons HP 40.


3. Shoya Tomizawa





Lalu pada nomor tiga ada pria asal jepang yang bernama Shoya Tomizawa akan selalu tercatat sebagai pembalap pertama yang menjadi pemenang di balapan kategori Moto2. Pada 2010 tersebut, Moto2 baru saja menjadi kategori baru menggantikan kelas 250cc. Tomizawa menjadi pembalap Jepang yang diperhitungkan. Setelah kemenangan bersejarah di GP Qatar itu, ia juga naik podium di balapan setelahnya. Namun, tragis, petualangan Shoya Tomizawa di lintasan balap harus berakhir pada seri ke-11 di Misano. Ia mengalami kecelakaan yang berujung maut. Tomizawa terjatuh, lalu terhantam oleh Scott Redding dan Alex de Angelis.

Untuk menghormati pembalap berusia 19 tahun ini, nomor balap 48 dipensiunkan dari Moto2. Nomor 48 akan selalu menjadi milik Shoya Tomizawa.


4. Nicky Hayden





Nomor empat ada Nicky Hayden adalah pembalap Amerika Serikat terakhir yang bergelar juara dunia MotoGP. Ia berhasil menjadi juara dunia secara dramatis pada 2006, setelah menang poin dari Valentino Rossi pada seri terakhir di GP Valencia. Pembalap berjuluk The Kentucky Kid ini pensiun dari MotoGP pada 2015. Di paddock MotoGP, Hayden dikenal sebagai pembalap yang disegani. Ia tak pernah mencari masalah atau terlibat drama. Maka, tak heran jika para pembalap lain menghormatinya. Setelah pensiun, Hayden mengaspal di WorldSBK. Sayangnya, pada 2017, Hayden mengalami kecelakaan tragis saat sedang berlatih sepeda di jalanan Rimini di sekitar Sirkuit Misano. Ia meninggal lima hari kemudian di rumah sakit.

Sebagai bentuk penghormatan, nomor balapnya dipensiunkan dan tak bisa digunakan pembalap lain. Nomor 69 adalah nomor yang selalu digunakan Hayden sepanjang kariernya.


5. Loris Capirossi





Nomor lima ada seorang pembalap senior yaitu, Loris Capirossi, pemilik nomor 65 dipensiunkan sebagai penghargaan bagi pembalap yang dianggap spesial di dunia balap motor. Nomor ini dimiliki Loris Capirossi yang kini menjabat sebagai salah satu anggota Race Direction di MotoGP.

Pembalap berjuluk Capirex ini membalap di kejuaraan dunia Grand Prix sejak 1990 di kelas 125cc. Ia kemudian naik ke kelas 250cc pada 1992. Dan ditahun 2000 hingga 2011, Capirossi berlaga di kelas MotoGP. Selama 22 tahun berkarier, ia meraih dua gelar juara dunia di kelas 125cc dan satu gelar juara dunia untuk kelas 250cc. Capirossi masih memegang rekor juara dunia termuda kelas 125cc yang ia raih pada usia 17 tahun.

Capirossi sendiri pensiun dari MotoGP pada akhir musim 2011. Lalu nomor 65 ini secara resmi dipensiunkan pada akhir musim 2016.


6. Marco Simoncelli





Nomor berikutnya yang tak boleh digunakan adalah nomor 58. Dorna dan FIM memberikan nomor ini kepada keluarga Simoncelli sejak 2016, sebagai bentuk penghargaan kepada mendiang Marco Simoncelli. Ia adalah pembalap berbakat asal Italia yang disebut sebagai penerus Valentino Rossi. Simoncelli pernah menjadi juara dunia kelas 250cc pada 2008. Pada 2010, ia naik ke kelas MotoGP bersama tim San Carlo Honda Gresini.

Namun, nahas, pada tahun keduanya di MotoGP, ia harus mengalami kecelakaan tragis. Marco Simoncelli meninggal setelah terjatuh, lalu tertabrak Colin Edwards dan Valentino Rossi di Sirkuit Sepang.


7. Daijiro Kato





Pada nomor tujuh ada nomor 74 milik mendiang Daijiro Kato pun dilarang untuk digunakan pembalap lain. Nomor ini dipensiunkan sebagai bentuk penghormatan bagi Kato, pembalap Jepang yang meninggal akibat kecelakaan di Sirkuit Suzuka pada 2003 silam.

Padahal Daijiro Kato diprediksi akan menjadi salah satu bintang gemerlap di MotoGP. Ia mulai membalap semusim penuh di kelas 250cc pada 2000. Setahun berikutnya, ia menjadi juara dunia dengan performa yang luar biasa. Dari 16 balapan, ia mampu 13 kali finis di posisi podium dengan 11 di antaranya menjadi juara balapan.

Tahun 2002, Kato naik kelas ke MotoGP dan menjadi Rookie of the Year. Namun, malang tak dapat ditolak, Daijiro Kato mengalami kecelakaan hebat di Sirkuit Suzuka pada 2003. Ia menderita cedera parah di area kepala, leher, dan dada. Kato dinyatakan meninggal setelah koma di rumah sakit selama dua minggu.


8. Kevin Schwantz





Nomor 34 milik Kevin Schwantz menjadi nomor balap pertama yang dipensiunkan di MotoGP. Kevin Schwantz merupakan legenda balap Amerika Serikat yang menjadi juara dunia kelas 500cc pada 1993. Schwantz memulai karier balapnya di kejuaraan dunia MotoGP sejak 1986. Ia memiliki banyak penggemar karena gaya berkendaranya yang agresif sehingga mempertunjukkan balapan yang seru. Apalagi saat ia berduel dengan rival utamanya, Wayne Rainey.

Selama berkarier di MotoGP, Schwantz termasuk pembalap yang loyal. Ia selalu mengendarai motor Suzuki hingga pensiun pada 1995. Untuk menghormati pencapaiannya, Dorna dan FIM memutuskan nomor 34 menjadi milik Kevin Schwantz. Pembalap MotoGP lain tak diperbolehkan menggunakan nomor ini.


9. Valentino Rossi





Dan yang terakhir, pada angka 9, tentunya andapun sudah tak asing dengan gambar pada nomor 9 yang belum lama ini mengundurkan diri atau pensiun dari mottogp. Beliau adalah sang legendaris mottogp Valentino Rossi, atau yang berjulukan The Doctor.

Nama Valentino Rossi memang sungguh besar di ajang MotoGP dunia. Disebut – sebut bahwa Valentino Rossi merupakan salah satu pembalap terbaik sepanjang masa. Ia adalah salah satu pembalap tersukses sepanjang masa yang sudah menyabet 10 gelar juara Mottogp dunia.

Masing-masing gelar tersebut terbagi menjadi 7 gelar juara dunia di kelas puncak MotoGP, dua gelar juara dunia di kelas 250 cc dan juara dunia di kelas 125 cc. Tak jauh berbeda dengan nama-nama diatas Valentino Rossi pun selalu menyukai nomor 46, meski ia telah beberapa kali menjadi juara dunia. Bahkan The doctor selalu menolak jika tunggangannya yang bernomor 46 diganti angka 1. Demikianlah beberapa nomor sakral yang dilarang keras digunakan pada ajang balap mottogp.



Sumber : Idn.times.com


~SEMOGA~MENARIK~

Labels:

Wednesday, 5 January 2022

7 Manfaat Membaca Buku Atau Novel Yang Harus Anda Tahu



Membaca buku atau novel tentu sangat mengasikkan bagi yang hobi membaca. Karena tidak semua orang suka dengan yang namanya membaca. Bahkan negara kita Indonesia menjadi urutan yang ke 60 dalam hal membaca. Akan tetapi meski begitu tanpa kita sadari terkadang orang meski tidak hobi membaca jika ada sebuah buku atau hal tertentu yang memang harus dibaca, Bukan tidak mungkin semua akan dilakukannya.

Nah. Katanya pula banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca, seperti apa berikut 7 manfaat dari membaca dibawah ini.


1. MENGEMBANGKAN KOSAKATA


Kita semua membutuhkan kosakata untuk menyampaikan ide dan mengekspresikan diri. Kosakata yang banyak akan meningkatkan kapasitas kita untuk berinteraksi sosial.

Orang yang memiliki kosakata yang baik dan mengartikulasikan diri mereka dengan jelas, dapat dengan mudah mengembangkan persahabatan atau jaringan. Di antara semua cara untuk meningkatkan kosakata, membaca novel adalah yang terbaik. Ketika kita membaca buku, kita dihadapkan pada kata-kata baru dan dapat membedakan maknanya melalui konteks apa yang kita baca. Jadi, semakin banyak kita membaca fiksi, semakin banyak kosakata yang mungkin kita serap.


2. MENINGKATKAN MEMORI


Membaca adalah latihan terbaik untuk otak, karena dapat meningkatkan memori dan memperlambat laju kerusakan mental di usia tua. Membaca memberi pemahaman dan wawasan tentang berbagai hal. Semua aktivitas mental ini membantu menjaga ingatan kamu tetap tajam.

Penelitian lain menunjukkan bahwa membaca buku menjaga memori dan keterampilan berpikir tetap utuh. Ini membantu dalam menjaga kesehatan otak dan menangkal gejala Alzheimer di usia tua.


3. KUALITAS TIDUR LEBIH BAIK


Membaca merilekskan otak kita secara signifikan. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang membaca buku sebelum tidur akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Membaca buku novel yang bagus sebelum tidur dapat membantu mengalihkan pikiranmu dari ketegangan sepanjang hari. Ini mengurangi stres. Dan dengan berkurangnya stres, tidur pun jadi lebih nyenyak.


4. MENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL


Seseorang yang kutu buku kerap digambarkan sebagai sosok yang antisosial. Padahal, sebuah penelitian menunjukkan bahwa membaca fiksi dapat membantu meningkatkan dan mempertahankan keterampilan dan pemahaman sosial.

Keterampilan sosial memainkan peran penting dalam perkembangan manusia. Orang membutuhkan mereka saat berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain. Orang yang suka membaca novel cenderung memiliki keterampilan sosial yang lebih kuat daripada pembaca nonfiksi. Membaca fiksi meningkatkan fokus dan konsentrasi yang membuatnya memiliki kemampuan lebih baik dalam membangun percakapan dan resolusi konflik.


5. PANJANG UMUR


Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Social Science & Medicine telah membuktikan bahwa mereka yang membaca fiksi memiliki umur yang panjang. Jadi, semakin banyak orang membaca fiksi, semakin besar kemungkinan mereka hidup lebih lama.

Membaca novel meningkatkan kekuatan otak kita dan membuat pikiran tetap aktif, sehat, dan responsif. Ini membantu mengembangkan kecerdasan emosional yang membuat orang berhasil bergulat dengan masalah mental dan rasa tidak aman.

Selain itu, fiksi memberikan rasa pelarian atau transportasi, memungkinkan kita untuk mengabaikan masalah sehari-hari, dan mengurangi tingkat stres dan depresi. Semua faktor ini meningkatkan kesehatan yang baik.


6. MEMBUATMU MENJADI ORANG YANG EMPATIK


Empati adalah tentang berdiri di posisi orang lain, merasakan dengan hatinya, dan melihat dengan matanya. Jika kita ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, kita harus mengajari orang untuk berempati satu sama lain.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat orang membaca fiksi. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa fiksi memiliki kemampuan untuk mendorong empati. Itu membuat orang melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain dan memungkinkan mereka untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain — bahkan jika mereka tidak mengetahuinya.

Menurut Keith Oatley, seorang novelis dan profesor di University of Toronto, fiksi sastra pada dasarnya adalah eksplorasi pengalaman manusia. Sebuah studi yang dilakukan oleh Oatley dan rekan-rekannya tentang bagaimana fiksi sastra mempengaruhi empati pembaca menunjukkan bahwa mereka yang membaca buku fiksi memiliki tingkat empati yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pembaca nonfiksi.


7. MENINGKATKAN KREATIFITAS


Menurut penelitian yang dilakukan di University of Toronto, pembaca fiksi adalah pemikir yang lebih kreatif dan berpikiran terbuka daripada pembaca nonfiksi. Membaca fiksi membantu seseorang dalam pengambilan keputusan dan penilaian yang lebih baik. Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa membaca literatur fiksi dapat mengarah pada prosedur pemrosesan informasi yang lebih baik secara umum, termasuk kreativitas.

Dengan demikian, terbukti bahwa membaca fiksi memberikan berbagai manfaat bagi pikiran pembaca. Dengan narasi terstrukturnya, ia membawa ketertiban pada pikiran yang tidak teratur. Ini melibatkan pikiran kita, membuka kreativitas kita, dan membuka pintu pikiran kita ke dunia dan hal-hal yang tak terbayangkan. Hal menakjubkan lainnya tentang membaca kisah fiksi adalah memberi kita kesempatan untuk mengintip ke dalam jiwa orang lain dan mengamati bagaimana mereka menemukan solusi untuk masalah mereka. Dengan cara ini, fiksi memberi kita lensa baru untuk melihat kehidupan.

Nah. Bagaimana dengan anda, tertarik atau ingin rajin membaca?



Sumber : Suara.com


~SEMOGA~BERMANFAAT~

Labels:

Tuesday, 4 January 2022

Trend Modifikasi Sepeda Motor Yang Nyeleneh



Sepeda motor baik bekas maupun baru sebagai pemilik tentunya anda pasti ingin menambahkan sesuatu pada kendaraan tersebut agar terlihat menarik. Dan menambakan sesuatu pada kendaraan kita, atau memodifnya tentunya semua butuh uang, bahkan jika kita banyak keinginan bukan hal yang mustahil memodifikasi kendaraan bermotor bisa mencapai lebih dari harga yang awal dibelinya.

Nah. Dibawah ini ada beberapa modifikasi motor yang terkesan tanggung atau tidak niat, kenapa demikian karena dari semua hasilnya terkesan nyeleneh. Berikut 5 dibawah ini.😁🤣


~KESATU~




Ok kita mulai dari nomor satu. Pada motor berwarna silver diatas. Pengamat modifikasi pasti akan pusing melihat hasil ubahan yang dilakukan pemilik kendaraan tersebut. Alih-alih menggunakan bahan warna full crom biar terlihat kinclong dan silau, malah hasilnya terlihat seperti ketumpahan cat. Tidak hanya itu aksesoris yang digunakan juga tidak ada artinya dan sangat menganggu pandangan mata saat melihatnya, bahkan terkesan seperti potongan besi yang tidak jelas.


~KEDUA~




Lanjut kenomor dua, wah ini termasuk modifikasi yang banyak mengeluarkan uang tetapi hasilnya bikin geleng-geleng.🤣 🤣 Bahkan para pecinta motor gede alias moge tepok jidat. Pada dasarnya model dari moge sudah sangat sport dan sangar. Namun berbeda dengan pemilik kendaraan ini. Entah ide dan aliran apa yang digunakannya, pemilik mengubahnya dengan menggunakan ban berdiameter besar yang membuat hasil modifnya tampak aneh.


~KETIGA~




Dinomor urut tiga ada modifikasi motor gagal berikut ini juga bikin geleng-geleng kepala. Pasalnya pemilik motor itu niat sekali untuk memodifkasi dimensi motor itu dengan konfigurasi satu roda saja ala sepeda sirkus. Siapapun pasti akan kesulitan dalam mengendarainya.


~KEEMPAT~




Yang keempat sungguh aneh dan ada-ada saja tingkah pemilik motor tersebut dalam memodifikasi naked bike miliknya yang disulap menjadi Thailook yang terlihat aneh. Lihat saja dengan menggunakan basis dari Yamaha Vixion pemilik merubah total dari sektor tampilan dan kaki-kaki. Namun yang anehnya lagi terlihat dari velg dan ban yang digunakan. Apa yang membuat pemilik motor ini termotivasi untuk mengubah tampilan menjadi seperti ini.


~KELIMA~




Dan yang terakhir ada Harley yang berbentuk aneh.🤣 🤣 Entah apa yang merasuki pemilik kendaraan satu ini dalam memodifikasi motor kesayangannya. Niat hati ingin menyamai model sekelas Harley-Davidson malah yang ditampilkan menjadi Hampir Davidson.🤣 🤣 Lihat saja tampilan rangka bodinya yang abstrud dengan stang dan garpu yang panjang dibalut oleh ban kecil, seperti peruntukan ban sirkus.

Demikianlah lima modifikasi motor yang nyeleneh, Jika awalnya niat ingin terlihat menarik, Namun, Mungkin akibat ekspresi yang terlalu berlebihan hingga menjadi seperti gambar diatas.🤣 🤣



Sumber : inews.id


~SEMOGA~MENARIK~

Labels:

Testing